Mind Map dalam Pembelajaran Matematika


Semangat pagi people’s.....

Pernah mendengar istilah “Mind Map atau Mind Mapping”???, kapan? barusan? syukurlah kalau begitu..... berarti anda orangnya jujur, hehehe.....
Terus hubungannya dengan Matematika apa dunk???
Sabar ya, yang pasti hubungan mereka sampai saat ini masih baik-baik aja koq, supaya tidak bingung ada apa sie hubungan Mind Mapping dengan Matematika, yuk kita lihat bersama ....

Mind Mapping atau Pemetaan Pikiran adalah suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan. Metode ini diperkenalkan oleh Tony Buzan pada tahun 1974, seorang ahli pengembangan potensi manusia dari Inggris.

Upaya Tony Buzan muncul dari pengamatannya dalam bidang perkembangan teknologi komputer pada tahun 1971. Tony Buzan berpikir, “kenapa komputer perlu manual pemakaian ribuan lembar untuk dapat beroperasi?” tetapi “Kenapa manusia sebagai makhluk berpikir bisa jauh lebih hebat. Tanpa manual, manusia bisa melakukan rekayasa dan tindakan yang dahsyat, misalnya mengubah dunia?”. Perbedaan kemampuan antara komputer dan manusia itu Tony Buzan kemudian mengeksplorasi daya pikir manusia dengan merekayasa model pengembangan potensi manusia yang disebutnya Pemetaan Pikiran.

Pemetaan Pikiran saat ini sudah dikenal luas di berbagai bidang pengembangan sumber daya manusia. Penerapannya mencakup manajemen organisasi, penulisan, pembelajaran, pengembangan diri, dll. Pemetaan pikiran dibuat dengan menggunakan minimal tiga pensil atau bolpoin berbeda warna dan akar pemetaan pikiran harus memiliki minimal 3 cabang yang mengandung kata kunci yang singkat.

Beberapa unsur penting Mind Map dalam pembelajaran yang memberikan manfaat pada proses pembelajaran itu sendiri adalah sebagai berikut :
> Gambar, karena gambar bermakna seribu kata dan akan membantu siswa menggunakan imajinasinya
> Warna, karena akan menambah energi kepada pemikiran kreatif bagi siswa.
> Hubungan cabang-cabang atau ranting, karena mengikuti cara kerja otak yang bekerja menurut asosiasi, hal ini akan mempermudah siswa mengerti dan mengingat.
> Garis melengkung, karena garis lurus akan membuat siswa bosan.
> Kata kunci, karena akan memberikan lebih banyak daya dan fleksibilitas kepada Mind Map yang sedang dibuat.

Dengan beberapa unsur penting Mind Map di atas, maka sangatlah pas apabila Mind Map bisa diterapkan dalam pembelajaran Matematika, di mana pelajaran Matematika merupakan salah satu pelajaran yang sangat dicintai oleh siswa sekolah, Serius??? Sejak kapan Matematika merupakan salah satu pelajaran yang sangat dicintai oleh siswa sekolah??? yang pasti kami pernah melakukan survei sederhana untuk membuktikan bahwan Matematika sebenarnya dicintai oleh siswa sekolah. 

Kami melakukan riset terhadap 9 siswa SMP dan 11 siswa SMA, risetnya adalah seluruh siswa disuruh memilih uang 2rb atau 50rb, ternyata hasilnya luar biasa 95% memilih 50rb, dan 5% memilih 2rb, kami penasaran terhadap siswa yang memilih uang 2rb, ternyata alasanya adh buat bayar parkir, dan yang lebih hebatnya adalah ternyata semua siswa yang ikut survei tersebut bisa memilih mana uang 50rb dan mana uang 2rb, Luar Biasaaa.....

·     Mind Map mampu meningkatkan kemampuan seseorang dalam berimajinasi, mengingat, berkonsentrasi, membuat catatan, meningkatkan minat sekaligus mampu menyelesaikan persoalan. Hal ini dicapai karena Mind Map mengajarkan untuk melihat persoalan secara keseluruhan dan melihat hubungannya satu sama lain. Ini yang paling sulit dilakukan dalam catatan konvensional. Tidak hanya itu, dengan catatan ini maka manajemen belajar pun menjadi lebih mudah. Informasi baru dapat ditambahkan, dihubungkan, dan diasosiasikan kapan saja dengan informasi yang sudah ada sebelumnya.

·   Mind Map dapat merangsang sisi kreatif seseorang lewat penggunakan garis lengkung, warna dan gambar. Ini membuat sebuah catatan sekaligus menjadi karya seni yang indah. Secara mental akan memudahkan kita untuk mengingatnya. Mind Map akan merangsang kemampuan membandingkan informasi yang ada baik berupa fakta, ide termasuk data statistik.

·    Mind Map membantu seseorang membuat catatan yang menarik dalam waktu singkat. Selain itu, catatan ini mampu membuka pemahaman yang baik dan sisi kreatif dengan merangsang munculnya ide-ide baru, bahkan pada saat membuat catatan itu sendiri. Mind Map dapat pula menjelaskan sebuah tujuan, rencana, ide, maupun pemikiran secara jelas dan terstruktur.

Bentuk Mind Map dalam pembelajaran Matematika, kami berikan contoh Mind Map pada pelajaran Matematika SMA Bab Trigonometri Matematika Dasar (versi penulis), silahkan lihat dibawah ini :

klik gambar untuk memperbesar

Untuk lebih banyak lagi contoh Mind Map Matematika jenjang SMA silahkan klik di sini
 
Semoga dengan Mind Map bisa membantu proses belajar seluruh pelajar Indonesia, bukan hanya pelajaran Matematika saja, namun juga untuk seluruh mata pelajaran.

Semoga bermanfaat.....

No comments:

Post a Comment