Semangat pagi people’s.....
Pernah mendengar istilah “Mind
Map atau Mind Mapping”???, kapan? barusan? syukurlah kalau begitu..... berarti anda orangnya jujur,
hehehe.....
Terus hubungannya dengan
Matematika apa dunk???
Sabar ya, yang pasti hubungan
mereka sampai saat ini masih baik-baik aja koq, supaya tidak bingung ada apa
sie hubungan Mind Mapping dengan Matematika, yuk kita lihat bersama ....
Mind Mapping atau Pemetaan
Pikiran adalah suatu metode
untuk memaksimalkan potensi pikiran
manusia dengan menggunakan otak
kanan dan otak kirinya secara simultan. Metode ini
diperkenalkan oleh Tony Buzan
pada tahun 1974, seorang ahli pengembangan potensi manusia
dari Inggris.
Upaya Tony Buzan muncul dari pengamatannya dalam bidang perkembangan teknologi komputer pada tahun 1971. Tony Buzan berpikir, “kenapa komputer perlu manual pemakaian ribuan lembar untuk dapat beroperasi?” tetapi “Kenapa manusia sebagai makhluk berpikir bisa jauh lebih hebat. Tanpa manual, manusia bisa melakukan rekayasa dan tindakan yang dahsyat, misalnya mengubah dunia?”. Perbedaan kemampuan antara komputer dan manusia itu Tony Buzan kemudian mengeksplorasi daya pikir manusia dengan merekayasa model pengembangan potensi manusia yang disebutnya Pemetaan Pikiran.
Pemetaan Pikiran saat ini sudah dikenal luas di berbagai
bidang pengembangan sumber daya manusia.
Penerapannya mencakup manajemen
organisasi, penulisan, pembelajaran,
pengembangan
diri, dll. Pemetaan pikiran dibuat dengan menggunakan minimal tiga pensil
atau bolpoin berbeda warna dan akar pemetaan pikiran harus memiliki minimal 3
cabang yang mengandung kata kunci yang singkat.
Beberapa unsur
penting Mind Map dalam
pembelajaran yang memberikan manfaat pada proses pembelajaran itu sendiri adalah sebagai
berikut :
> Gambar, karena gambar
bermakna seribu kata dan akan membantu siswa menggunakan imajinasinya
> Warna, karena akan
menambah energi kepada pemikiran kreatif bagi siswa.
> Hubungan
cabang-cabang atau ranting, karena mengikuti cara kerja otak yang bekerja menurut asosiasi, hal ini akan mempermudah siswa mengerti dan mengingat.
> Garis melengkung,
karena garis lurus akan membuat siswa bosan.
> Kata kunci, karena
akan memberikan lebih banyak daya dan fleksibilitas kepada Mind Map yang sedang dibuat.
Dengan beberapa unsur
penting Mind Map di atas, maka sangatlah pas apabila Mind Map bisa diterapkan
dalam pembelajaran Matematika, di mana pelajaran Matematika merupakan salah
satu pelajaran yang sangat dicintai oleh siswa sekolah, Serius??? Sejak kapan
Matematika merupakan salah satu pelajaran yang sangat dicintai oleh siswa
sekolah??? yang pasti kami pernah melakukan survei sederhana untuk membuktikan
bahwan Matematika sebenarnya dicintai oleh siswa sekolah.
Kami melakukan riset terhadap
9 siswa SMP dan 11 siswa SMA, risetnya adalah seluruh siswa disuruh memilih
uang 2rb atau 50rb, ternyata hasilnya luar biasa 95% memilih 50rb, dan 5%
memilih 2rb, kami penasaran terhadap siswa yang memilih uang 2rb, ternyata
alasanya adh buat bayar parkir, dan yang lebih hebatnya adalah ternyata semua
siswa yang ikut survei tersebut bisa memilih mana uang 50rb dan mana uang 2rb,
Luar Biasaaa.....
· Mind Map mampu meningkatkan
kemampuan seseorang dalam berimajinasi, mengingat, berkonsentrasi, membuat
catatan, meningkatkan minat sekaligus mampu menyelesaikan persoalan. Hal ini
dicapai karena Mind Map mengajarkan untuk melihat persoalan secara keseluruhan
dan melihat hubungannya satu sama lain. Ini yang paling sulit dilakukan dalam
catatan konvensional. Tidak hanya itu, dengan catatan ini maka manajemen
belajar pun menjadi lebih mudah. Informasi baru dapat ditambahkan, dihubungkan,
dan diasosiasikan kapan saja dengan informasi yang sudah ada sebelumnya.
· Mind Map dapat merangsang
sisi kreatif seseorang lewat penggunakan garis lengkung, warna dan gambar. Ini
membuat sebuah catatan sekaligus menjadi karya seni yang indah. Secara mental
akan memudahkan kita untuk mengingatnya. Mind Map akan merangsang kemampuan
membandingkan informasi yang ada baik berupa fakta, ide termasuk data
statistik.
· Mind Map membantu
seseorang membuat catatan yang menarik dalam waktu singkat. Selain itu, catatan
ini mampu membuka pemahaman yang baik dan sisi kreatif dengan merangsang
munculnya ide-ide baru, bahkan pada saat membuat catatan itu sendiri. Mind Map
dapat pula menjelaskan sebuah tujuan, rencana, ide, maupun pemikiran secara
jelas dan terstruktur.
Bentuk Mind Map dalam pembelajaran Matematika, kami berikan contoh Mind Map pada
pelajaran Matematika SMA Bab Trigonometri Matematika Dasar (versi penulis), silahkan
lihat dibawah ini :
Untuk lebih banyak lagi contoh Mind Map Matematika jenjang SMA silahkan klik di sini
Semoga dengan Mind Map bisa membantu proses belajar seluruh pelajar Indonesia, bukan hanya pelajaran Matematika saja, namun juga untuk seluruh mata pelajaran.
Semoga dengan Mind Map bisa membantu proses belajar seluruh pelajar Indonesia, bukan hanya pelajaran Matematika saja, namun juga untuk seluruh mata pelajaran.
Semoga
bermanfaat.....
No comments:
Post a Comment